RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : SMA Negeri I
Kediri
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : X/I
Alokasi
waktu : 3 x 45 menit
Tema : Moral
Standar Kompetensi : Membahas cerita pendek melalui kegiatan
diskusi
Kompetensi Dasar :
Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan
diskusi
Indikator :
No.
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Menjelaskan nilai-nilai dalam karya
sastra khususnya cerpen
|
Bersahabat dan komunikatif
|
|
Mengidentifikasi nilai-nilai (
budaya, moral, agama, politik,dsb.) dalam cerpen
|
Bersahabat dan komunikatif
|
|
Membandingkan nilai-nilai dalam cerpen dengan
kehidupan sehari-hari
|
Bersahabat dan komunikatif
|
|
Mendiskusikan keterkaitan nilai-nilai yang
terkandung dalam cerita pendek dengan peristiwa nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Bersahabat dan komunikatif
|
·
Proses
Membaca cerita pendek , menjelaskan nilai – nilai yang terkandung dalam
cerpen,mengidentifikasi nilai – nilai yang terkandung vdalam
cerpen,membandingkan nilai – nilai dalam cerpen dengan kehidupan sehari - hari
·
Psikomotor
Mendiskusikan
keterkaitan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita pendek dengan peristiwa
nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Afektif Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku siswa
bertanggung jawab dan rasa ingin tahu
Ketrampilan sosial.
Melakukan komunikasi dengan guru dan teman melalui bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan, serta menumbuhkan kreatifitas siswa.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari
materi ini, siswa mampu :
1.
menjelaskan
nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra khususnya
cerpen dengan benar,
2. mengidentifikasi nilai-nilai budaya, moral, agama, dan politik
dalam cerpen dengan benar,
3. membandingkan
nilai-nilai dalam cerpen dengan kehidupan sehari-hari dengan benar,
4. mendiskusikan
keterkaitan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita pendek dengan peristiwa
nyata dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
Proses
1. Diberikan
cerita pendek, melalui kegiatan tanya jawab siswa
mampu menjelaskan
nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra khususnya cerpen
dengan benar,
2. Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi
nilai-nilai budaya, moral, agama, dan politik dalam cerpen dengan benar,
3. Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa mampu membandingkan
nilai-nilai dalam cerpen dengan kehidupan sehari-hari dengan benar,
Kinerja proses
Melalui kegiatan diskusi kelas siswa mampu menjelaskan keterkaitan nilai-nilai yang terkandung dalam
cerita pendek dengan peristiwa nyata dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
Afektif
Perilaku karakter
Terlibat dalam KBM yang
berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan tanggung jawab, jujur, membantu
teman minimal dinilai membuat kemajuan.
Ketrampilan Sosial
Dalam KBM, siswa mampu berkomunikasi kepada guru
dan temannya melalui bertanya dan berdiskusi , berpendapat, menjawab pertanyaan dan menemukan nilai –
nilai yang terkandung dalam cerpen dengan benar.