Kamis, 06 Desember 2012

Kerangka Berita Investigasi




A.  Topik berita            : Hilangnya rasa bangga terhadap Bahasa Indonesia
B.   Judul berita : RSBI, Bahasa  Asing  Dibanggakan, Bahasa Indonesia Dikucilkan
C.   Deskripsi Permasalahan
Penggunaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah berstatus RSBI dinilai dapat mengancam rasa cinta dan bangga generasi muda terhadap bahasa Indonesia. Padahal pemerintah punya kewajiban untuk membina dan mengembangkan bahasa Indonesia agar dapat digunakan untuk semua ilmu pengetahuan. Sekolah tersebut didirikan di negara Indonesia .Indonesia mempunyai bahasa sendiri sebagai bahasa nasional yang juga sebagai bahasa pengantar di setiap jenjang pendidikan. Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar tersebut jelas sekali akan merusak kecintaan generasi muda terhadap bahasa Indonesia dan mengancam keutuhan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Seharusnya pendidikan RSBI mampu mewujudkan pendidikan yang membuat anak bangga akan bahasa Indonesia, jangan sampai muncul pendidikan yang bisa menghancurkan jati diri bangsa .
Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan di RSBI, membuat orang tua berbondong – bondong mengupayakan agar anaknya mampu berbahasa Inggris baik melalui kursus ataupun les privat. Selain itu, si anak juga lebih bangga menggunakan bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Hal ini terbukti , mereka lebih suka menyanyikan lagu berlirik bahasa Inggris, bahkan tidak mengenal lagu – lagu nasional. Di  tengah kondisi masyarakat Indonesia yang lebih bangga berbahasa Inggris,jelas sekali dan bisa kita pikirkan maraknya penggunaan bahasa Inggris akan mencabik-cabik penggunaan bahasa Indonesia yang telah utuh. Seharusnya kita harus mampu mengupayakan agar bahasa Indonesia bisa menjadi ujung tombak pengembangan jati diri bangsa.
Pertanyaannya, mengapa pendidikan yang seharusnya bangga terhadap sistem pendidikan dalam negeri terus-menerus terintervensi negara asing? Bahkan akan mengancam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan juga bahasa pengantar di sekolah dasar, menengah, dan juga perguruan tinggi. Ke manakah rasa bangga terhadap bahasa Indonesia? Persoalan lainnya, penggunaan bahasa Inggris di RSBI/SBI apakah tidak mempersulit penyampaian materi / bahan ajar? Jika mengacu pada prinsip belajar, pendidik seharusnya menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dan sederhana agar materi yang disampaikan lebih mudah diterima siswa.
D.  Langkah - langkah Investigasi
1.      Observasi lapangan, dilakukan untuk memperoleh gambaran data dengan mengadakan observasi ke sekolah – sekolah favorit yang membuka program RSBI.
2.      Wawancara, dilakukan dengan pihak terkait antara lain: kepala sekolah,guru,siswa,orang tua, masyarakat.
3.       Pelacakan dokumen, dilakukan dengan mencari dan mempelajari dokumen-dokumen yang mendukung investigasi.
4.      Analisis dan verifikasi data, data – data yang telah terkumpul kemudian dianalisis agar diketahui keabsahan data dengan fakta yang ada.
5.      Penulisan berita, berita ditulis berdasarkan data – data yang telah dianalisis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata Mereka tentang Aku

“Kasih sayang sebagai dasar pendidikan” itulah judul artikel yang kubaca pada mala m ini. Artikel ini ditulis  oleh Dr. Dedi Supriadi d...