Senin, 26 November 2012

RPP Berkarakter Menulis Deskriptif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah               : SMA Negeri I Kediri
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : I
Tema                            : Kehidupan
Alokasi waktu                : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi       : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi Dasar         : Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif
Indikator                        :
No.
Indikator
Nilai Karakter

Mampu mengidentifikasi ciri paragraf deskripsi
Rasa ingin tahu

Mampu menyusun  paragraf deskripsi
Kreatif

Mampu menyusun wacana deskripsi
Kreatif

Mampu menyunting wacana deskripsi yang ditulis teman
Kreatif
·         Proses
Membaca contoh paragraph deskriptif, siswa mampu menemukan ciri – ciri paaragraf deskriptif.
·         Psikomotor
Menulis wacana deskriptif
·         Afektif  Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku siswa bertanggung jawab dan rasa ingin tahu
Ketrampilan sosial.
Melakukan komunikasi dengan guru dan teman melalui bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan, serta menumbuhkan kreatifitas siswa.

Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan:
·           siswa dapat mengidentifikasi ciri paragraf deskripsi dengan benar,
·           siswa dapat menyusun  paragraf deskripsi dengan benar,
·           siswa dapat menyusun wacana deskripsi dengan benar, dan
·           siswa dapat menyunting wacana deskripsi yang ditulis teman dengan benar.
Proses
1.    Diberikan contoh paragraph deskriptif, melalui kegiatan tanya jawab siswa mampu menemukan ciri – ciri paragraph deskriptif dengan benar,
2.    Diberikan materi deskriptif, siswa mampu menulis pragraf deskriptif dengan benar,
Kinerja proses
Setelah mampu menulis paragraph deskriptif, siswa  mampu menulis wacana deskriptif serta menyunting wacana deskriptif yang telah dibuat.
Afektif
Perilaku karakter
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan tanggung jawab, gemar membaca ,jujur, membantu teman .
Ketrampilan Sosial
Dalam KBM, siswa mampu berkomunikasi kepada guru dan temannya melalui bertanya dan berdiskusi , berpendapat,  menjawab pertanyaan dan menulis paaragraf deskriptif  dengan benar.

Materi Pembelajaran
Deskripsi
Karangan jenis ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri seperti:
  • menggambarkan sesuatu
  • penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
  • membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
  • Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
  • Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
  • Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Langkah menyusun deskripsi:
  1. Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
  2. Tentukan tujuan
  3. Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
  4. Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
  5. Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Contoh Narasi / karangan deskripsi :
Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara - suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang - orang yang masi tidur. serta dapat ku lihat burung - burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.Dari timur sang surya menyapaku dengan malu" untuk menampakkan cahayanya. Aku berjalan kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk berlalu lintas dari kejauhan tampak sawah" milik petani yang ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makan binatang peliharaannya seprti kambing, sapi, dan kerbau. Didesaku rata" penduduknya sebagai petani.
Pagi ini terlihat sangat sibuk, di jalan" terlihat ibu-ibu yang sedang berjalan menuju psar untuk berjualan sayur. Tetanggaku seorang peternak bebek yang juga tidak kalah sibuknya dengan orang". Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebeknya kerawah dekat sawah untuk mencari makan, bebek yang pintar berbaris dengan rapi pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.
Dihalaman rumah kakekku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang berbuah sangat lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. sungguh pemandangan yang sangat indah yang sangat asri dan damai ini adalah tempat tinggal kakek ku dan tempat kelahiran ku. Desa yang bernama NAMBAHDADI ini adalah tempat yang paling aku kunjungi saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai.

Metode Pembelajaran
1)       Curah pendapat
2)       Diskusi
3)       Praktik

Langkah – langkah pembelajaran
1.        Pertemuan ke-1
Langkah
Terlaksana/ Tidak
Karakter
Pendahuluan 10 menit
1)         Dengan teknik curah pendapat, siswa mencoba menjelaskan perbedaan paragraf deskripsi dengan paragraf eksposisi.
2)         Guru memberikan penguatan tehadap jawaban siswa.
3)         Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.

Terlaksana/ Tidak

Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak

Inti 70 menit
1)         Secara kelompok, siswa membaca contoh paragraf deskripsi.
2)         Siswa menemukan ciri paragraf deskripsi berdasarkan contoh yang dibaca.
3)         Secara kelompok siswa beradu cepat menentukan paragraf yang dapat dikategorikan paragraf deskripsi dari beberapa paragraf yang disediakan guru.
4)         Secara kelompok, siswa memilih satu objek (benda), gambar, atau suasana untuk diamati.
5)         Tiap  siswa secara kelompok mengamati ciri fisik dari sesuatu yang diamati.
6)         Secara kelompok, siswa mendeksipsikan ciri fisik yang diamati tersebut dalam bentuk paragraf deskripsi.
7)         Tiap kelompok saling menilai paragraf deskripsi yang dsusun kelompok lain.

Terlaksana/ Tidak

Terlaksana/ Tidak

Terlaksana/ Tidak


Terlaksana/ Tidak

Terlaksana/ Tidak

Terlaksana/ Tidak

Terlaksana/ Tidak


Bersahabat dan komunikatif
Rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu


Kreatif

Bersahabat dan komunikatif
Bersahabat dan komunikatif
Bersahabat dan komunikatif
Penutup 10 menit
1)         Guru menutup kegiatan pada pertemuan pertama dengan melakukan refleksi, yaitu menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapi siswa.
2)         Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya, yaitu menemukan teks yang di dalamnya memuat paragraf deskripsi secara individual.

Terlaksana/ Tidak


Terlaksana/ Tidak



2.        Pertemuan ke-2

Langkah
Terlaksana/ Tidak
Karakter
Pendahuluan 10 menit
Guru meminta beberapa siswa melaporkan hasil kerjanya dan siswa yang lain memberikan tanggapan.

Terlaksana/ Tidak


Inti 70 menit
1)            Uji kompetensi menulis paragraf deskripsi.
2)            Tiap siswa saling menilai hasil kerja temannya.

Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Kreatif
Bersahabat dan komunikatif
Penutup 10 menit
Reviu tentang hasil uji kompetensi dan refleksi dengan jurnal tertulis, menanyakan apa yang telah dikuasai dan belum dikuasai terkait dengan kompetensi menulis paragraf  deskripsi serta kesan-kesan selama pembelajaran berlangsung


Terlaksana/ Tidak



Alat/Bahan/Sumber:
a.       Contoh paragraf deskripsi
b.       Buku Bahasa dan Sastra Indonesia (Priyatni dkk.) hlm. 42 – 48 
c.       Eksposisi dan Deskriptif oleh Gorys Keraf 
d.       LCD dan Laptop
Penilaian
1.        Teknik               :  ·    Tes untuk penilaian hasil
                                  ·    Nontes untuk penilaian proses
2.        Bentuk              :  ·    Performansi/Praktik untuk penilaian hasil
                                  ·    Observasi untuk penilaian proses

3.        Alat Penilaian    : 
               Tulislah masing-masing 2 paragraf deskripsi berdasarkan gambar berikut!

               Rubrik Penilaian
          Rubrik Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan jenis wacana
Apakah berupa wacana deskripsi, yaitu wacana yang bertujuan mendeskripsikan sesuatu seolah pembaca melihat/meraba/merasakan?


2.
Organisasi Wacana
Apakah wacana disusun dengan urutan lokal yang mudah dipahami?


3.
Keterpaduan wacana
Apakah antara paragraf satu dengan paragraf berikutnya berkaitan ditandai oleh keterkaitan isi?


4.
Kesalahan struktur kalimat
Apakah tidak ada kesalahan struktur kalimat?


5
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca?










               Penilaian Proses   
               Alat Penilaian
               Amatilah proses kinerja  siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan format berikut!
No.
Nama Siswa
Kesediaan mengerjakan tugas
Kesedian bekerja sama
Keaktifan





















               Catatan:
               +          : Bersedia mengerjakan tugas, bekerja sama, dan aktif mengikuti seluruh
                              proses pembelajaran.
               -           : Tidak bersedia mengerjakan tugas, tidak mau bekerja sama, dan tidak 
                              aktif mengikuti seluruh proses pembelajaran.


Mengetahui                                                                         Kediri, 28 Oktober 2011
Guru Pembimbing ( Pamong )                                              Mahasiswa PPL


Drs. ALI HASAN                                                                DEWI UKHWATUL KHASANAH













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar