Selasa, 08 Januari 2013

Uji Kompetensi Puisi Lama



UJI KOMPETENSI SISWA
SMA ........................................................


Nama                      : ………………………..…………………
No. Presensi            :………………………..…………………
Kelas                       : …………………………………………..
NILAI

Nama sekolah                      : SMAN I Kediri
Kelas / semester                  : X/I
Standar Kompetensi           : Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi 
Kompetensi Dasar              : Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Indikator                                                :  -   menjelaskan berbagai bentuk puisi lama ( pantun ,syair,gurindam,seloka),
-       mengidentifikasi jenis puisi lama berdasarkan bentuk dan isi
-       mengidentifikasi ciri-ciri puisi lama berdasarkan sajian contoh ,
-       menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

Berilah tanda silang ( X ) pada jawaban yang benar !
  1. Anak rusa dirumpun salak,
patah taruknya ditimpa genta.
Riuh kerbau tergelak-gelak,
melihat beruk berkaca mata.
Puisi di atas merupakan jenis puisi lama yang berbentuk ….
a.       Syair           b. gurindam       c. pantun           d. seloka           e. mantra
  1. Jenis puisi lama yang terdiri dari empat baris dalam satu bait bersajak aa-aa adalah …
a.       Syair           b. pantun           c. seloka           d. gurindam       e. mantra
  1. Kepada orang tua hendaklah hormat,
Agar hidup kita selamat.
Puisi di atas merupakan jenis puisi lama yang berbentuk ….
b.       Pantun        b. syair             c. gurindam       d. mantra                      e. seloka
  1. Seloka, berasal dari kata celoka (Sanskerta) yaitu suatu ikatan (puisi) yang tiap bait terdiri atas dua baris dan tidak terikat oleh jumlah suku kata dan persajakan.
Puisi lama berikut ini yang berbentuk seloka adalah ….
a.       Baik-baik memilih kawan                              d. Baik beristri perempuan sumbing
Salah-salah menjadi lawan                               Biarpun marah tertawa juga
b.       Sudah gaharu cendana pula,             e. Kurang pikir, kurang siasat
Sudah tahu bertanya pula.                                Alamat diri akan tersesat
c.       Ada ubi ada talas,
Ada budi ada balas.

Perhatikan kutipan  puisi lama berikut !
Inilah suatu kalam dikarang
Ayuhai tuan muda yang garang
Kalam nan bukan sebarang-barang
Tujuannya banyak bukan seorang
Adapun akan di zaman ini
Banyak kulihat tolan ikhwani
Selama hidup sebelum fani
Tidak mengingat Tuhan yang ghani
  1. Puisi di atas merupakan jenis puisi lama  berbentuk ….
a.       pantun        b. syair             c. gurindam       d. mantra          e. seloka
  1. Puisi di atas bersajak ….
a.       a b a a – a b a a                  c.   a a a a – a a a a                   e.  a b c d – a b c d
b.       a b a b -  a b a b                  d.   a a b b -  a a b b
  1. Macam – macam pantun digolongkan berdasarkan bentuk dan isi.
Berikut ini  merupakan macam – macam pantun berdasarkan bentuk antara lain ….
a.       Pantun nasihat, pantun anak - anak, talibun , karmina
b.       Karmina, talibun, pantun biasa, pantun berkait
c.       Pantun biasa, pantun berkait, pantun anak muda , pantun anak – anak
d.       Karmina , seloka , gurindam, talibun
e.       Karmina , pantun biasa , gurindam, pantun berkait
  1. Jenis pantun yang terdiri atas 2 baris,baris pertama merupakan sampiran, baris kedua merupakan isi dan bersajak  a a  adalah ….
a.       pantun biasa            b. gurindam       c. talibun           d. seloka           e. karmina
Perhatikan contoh talibun berikut !
Kalau anak pergi ke lepau
Hiu beli belanak beli
Ikan panjang beli dahulu.
Kalau anak pergi merantau
Ibu cari sanak pun cari
Induk semang cari dahulu.
  1. Talibun di atas bersajak ….
a.       a b a – a b a                        c. a b b – a b b              e. a a a – b b b
b.       a a a -  a a a                        d. a b c -  a b c
  1. Berdasarkan contoh talibun di atas , sampiran pada talibun terletak pada baris ke ….
a.        satu dan dua                      c. tiga dan empat
b.        satu, dua , dan tiga             d. tiga, empat , dan lima
  1. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan ciri – ciri talibun adalah ….
a.       setiap bait terdiri atas 2 baris,
b.       pantun ini tidak selesai dalam satu bait, minimal dua bait,
c.       terdiri atas lebih dari 4 baris dalam setiap baitnya (selalu genap)
d.       dua baris pertama merupakan sampiran, dua baris kedua merupakan isi
e.       bersajak ab – ab
  1. Dahulu parang, sekarang besi.
Dahulu sayang, sekarang benci.
Puisi  di atas termasuk jenis pantun berbentuk ….
a.    karmina        b. gurindam       c. talibun           d. seloka           e. pantun biasa
Bacalah pantun berikut !
Pohon kurma sebesar paha
Pohon kemiri tidak berduri
Mari bersama kita berusaha
Membangun seni negeri sendiri

13.   Bagian isi pada pantun di atas terletak pada baris ke ….
a.         Satu dan dua                      c. satu dan tiga                          e. tiga dan empat
b.         Dua dan tiga                       d. dua dan empat
14.   Berikut merupakan macam – macam pantun berdasarkan isi antara lain….
a.       Pantun nasihat, pantun biasa, talibun , karmina
b.       Karmina, talibun, pantun biasa, pantun berkait
c.       Pantun biasa, pantun berkait, pantun anak muda , pantun anak – anak
d.       Karmina , seloka , gurindam, talibun
e.       Pantun anak - anak , pantun anak muda , pantun orang tua, pantun nasihat
15.   Terbang rendah burung peragam
Dari huma terbang ke hutan
Budaya daerah beraneka ragam
Mari bersama kita lestarikan
Pantun di atas merupakan jenis pantun ….

a.       teka – teki               c. dagang                      e. suka cita
b.      agama                    d. nasihat

Uji Kompetensi Membeca Cepat (Speed Reading)



UJI KOMPETENSI SISWA
SMA ......................................................

Nama                      : ………………………..…………………
No. Presensi            :………………………..…………………
Kelas                       : …………………………………………..
NILAI

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/I
Standar Kompetensi       : Membaca                                   
Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompetensi dasar          : Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)
Indikator                         :  -   Menjelaskan kebiasaan yang dapat memperlambat baca cepat
-   Menjelaskan berbagai teknik untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat
-   Menghitung kecepatan membaca cepat diri sendiri dan orang lain
-   Mengidentifikasi ide pokok paragraf


A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e! 
Bencana alam tsunami terjadi di Aceh dan Pangandaran Jawa Barat, memakan korban. Korban bencana alam tsunami memerlukan pertolongan yang cepat dan tepat oleh pemerintah. Kedatangan para petugas diharapkan cepat mengatasi korban. Kenyataan yang ada di 
lapangan, jumlah petugas kesehatan lebih sedikit dibandingkan dengan keperluan. Oleh karena itu, perlu ada kader yang dapat membantu petugas dengan cepat.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah …..
a. Korban bencana alam tsunami di Aceh dan Pangandaran. 
b. Pertolongan bagi korban bencana tsunami. 
c. Kader yang dapat membantu petugas daerah untuk tsunami. 
d. Perlu pertolongan yang cepat dan tepat dari pemerintah. 
e. Perlu adanya kader pembantu petugas korban bencana tsunami. 
2. Ide pokok paragrapf di atas terletak di….
a. awal paragraf
b. akhir paragraf
c. tengah paragraf 
d. awal dan akhir paragraf
e. menyebar ke seluruh paragraf
3. Kecepatan membaca siswa SMA yang ideal adalah …. 
a.  200 kata per menit 
b.  250 kata per menit 
c.  350 kata per menit 
d.  550 kata per menit 
e.  1000 kata per menit 
4. Membaca cepat dapat dilakukan dengan cara …. 
a.  menemukan kata-kata kunci dengan memperluas jangkauan mata
b.  konsentrasi 
c.  membaca dengan menunjuk baris bacaan 
d.  jawaban a dan b benar 
e.  jawaban a, b, dan c benar 
5.   Hafidz membaca artikel 1500 kata dalam waktu 4 menit 10 detik. Berdasarkan pernyataan tersebut kecepatan membaca yang dimiliki Hafidz adalah …. 
a.  380 kata per menit 
b.  360 kata per menit 
c.  340 kata per menit 
d.  320 kata per menit 
e.  300 kata per menit 
6. Di bawah ini merupakan langkah-langkah membaca cepat, kecuali …. 
a.  Siapkan naskah yang akan dibaca 
b.  Perluas jankauan mata. 
c.  Pilihlah situasi lingkungan yang tenang. 
d.  Berkonsentrasilah pada bacaan yang hadapi. 
e.  Bacalah bacaan tersebut dengan suara nyaring 
7. Pernyataan 
1.  Kebiasaan menggerakkan bibir untuk melafalkan setiap kata 
2.  Kebiasaan menunjuk kata demi kata 
3.  Berkonsentrasi pada bacaan yang dibaca 
4.  Menggerakkan kepala ke kiri atau ke kanan 
5.  Memperluas jangkauan mata.
6.  Mengulang bacaan pada kalimat yang sudah dilewati 
Kebiasaan yang menghambat membaca cepat  dalam pernyataan di atas adalah …. 
a. 1-2-3-5 
b. 1-2-4-6 
c. 1-2-3-4 
d. 3-4-5-6 
e. 1-3-5-6 
8. Berikut faktor internal yang mempengaruhi kecepatan membaca seseorang ,kecuali…. 
a.   pengalaman pembaca
 b.  kemampuan berbahasa
c.   kemampuan berfikir
d.   lingkungan baca
e.   motivasi
9.   Sebenarnya isi buku elektronik sama saja dengan isi buku biasa. Ada cerita, pelajaran, berita, gambar, dan sebagainya. Isi buku elektronik direkam secara elektronis sebagai data dan disimpan di dalam komputer. Penerbit buku akan mengiklankan buku yang baru gterbit dengan cara mengiklankannya di internet. Jika kita tertarik, dapat langsung memesannya melalui internet dan membayarnya secara online. Biasanya, bukti transfer harus dikirimkan atau di fax ke alamat penerbit. Setelah membayar, kita baru dapat mengunduhnya (download) dari internet. Nah, setelah proses download selesai, e-book tersebut akan tersimpan dalam komputer dan dapat dibaca kapan pun. 
Berdasarkan penggalan di atas dapat diketahui kelebihan dari e-book seperti tertulis di bawah ini, kecuali …. 
a. mudah di bawa kemana-mana 
b. praktis 
c. mata mudah lelah 
d. mudah menyimpan 
e. bisa di baca kapan saja sesuai dengan kebutuhan 
10.  Salah satu kebiasaan yang menghambat kecepatan membaca adalah vokalisasi, yaitu …. 
a. membaca dengan suara nyaring 
b. membaca dengan menunjuk baris bacaan 
c. membaca dengan menggerakkan kepala 
d. membaca dalam hati 
e.  membaca dengan mengulang kata atau kalimat sebelumnya
B.  Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat! 
1.    Apa yang dimaksud dengan membaca cepat?
2.    Sebutkan hal-hal yang menghambat kecepatan membaca!
3.    Bagaimana cara menghitung kecepatan membaca?
4.    Sani membaca sebuah wacana sebanyak 2400 kata, dengan menghabiskan waktu 5 menit, tentukan kecepatan membaca Sani!
5.    Nadia membaca 1200 kata dalam waktu 4 menit. Sewaktu menjawab pertanyaan bacaan, ia memperoleh nilai 70. Nilai maksimal untuk pertanyaan bacaan adalah 100. Hitung PI Nadia !

Kata Mereka tentang Aku

“Kasih sayang sebagai dasar pendidikan” itulah judul artikel yang kubaca pada mala m ini. Artikel ini ditulis  oleh Dr. Dedi Supriadi d...