Selasa, 08 Januari 2013

Uji Kompetensi Puisi Lama



UJI KOMPETENSI SISWA
SMA ........................................................


Nama                      : ………………………..…………………
No. Presensi            :………………………..…………………
Kelas                       : …………………………………………..
NILAI

Nama sekolah                      : SMAN I Kediri
Kelas / semester                  : X/I
Standar Kompetensi           : Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi 
Kompetensi Dasar              : Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Indikator                                                :  -   menjelaskan berbagai bentuk puisi lama ( pantun ,syair,gurindam,seloka),
-       mengidentifikasi jenis puisi lama berdasarkan bentuk dan isi
-       mengidentifikasi ciri-ciri puisi lama berdasarkan sajian contoh ,
-       menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

Berilah tanda silang ( X ) pada jawaban yang benar !
  1. Anak rusa dirumpun salak,
patah taruknya ditimpa genta.
Riuh kerbau tergelak-gelak,
melihat beruk berkaca mata.
Puisi di atas merupakan jenis puisi lama yang berbentuk ….
a.       Syair           b. gurindam       c. pantun           d. seloka           e. mantra
  1. Jenis puisi lama yang terdiri dari empat baris dalam satu bait bersajak aa-aa adalah …
a.       Syair           b. pantun           c. seloka           d. gurindam       e. mantra
  1. Kepada orang tua hendaklah hormat,
Agar hidup kita selamat.
Puisi di atas merupakan jenis puisi lama yang berbentuk ….
b.       Pantun        b. syair             c. gurindam       d. mantra                      e. seloka
  1. Seloka, berasal dari kata celoka (Sanskerta) yaitu suatu ikatan (puisi) yang tiap bait terdiri atas dua baris dan tidak terikat oleh jumlah suku kata dan persajakan.
Puisi lama berikut ini yang berbentuk seloka adalah ….
a.       Baik-baik memilih kawan                              d. Baik beristri perempuan sumbing
Salah-salah menjadi lawan                               Biarpun marah tertawa juga
b.       Sudah gaharu cendana pula,             e. Kurang pikir, kurang siasat
Sudah tahu bertanya pula.                                Alamat diri akan tersesat
c.       Ada ubi ada talas,
Ada budi ada balas.

Perhatikan kutipan  puisi lama berikut !
Inilah suatu kalam dikarang
Ayuhai tuan muda yang garang
Kalam nan bukan sebarang-barang
Tujuannya banyak bukan seorang
Adapun akan di zaman ini
Banyak kulihat tolan ikhwani
Selama hidup sebelum fani
Tidak mengingat Tuhan yang ghani
  1. Puisi di atas merupakan jenis puisi lama  berbentuk ….
a.       pantun        b. syair             c. gurindam       d. mantra          e. seloka
  1. Puisi di atas bersajak ….
a.       a b a a – a b a a                  c.   a a a a – a a a a                   e.  a b c d – a b c d
b.       a b a b -  a b a b                  d.   a a b b -  a a b b
  1. Macam – macam pantun digolongkan berdasarkan bentuk dan isi.
Berikut ini  merupakan macam – macam pantun berdasarkan bentuk antara lain ….
a.       Pantun nasihat, pantun anak - anak, talibun , karmina
b.       Karmina, talibun, pantun biasa, pantun berkait
c.       Pantun biasa, pantun berkait, pantun anak muda , pantun anak – anak
d.       Karmina , seloka , gurindam, talibun
e.       Karmina , pantun biasa , gurindam, pantun berkait
  1. Jenis pantun yang terdiri atas 2 baris,baris pertama merupakan sampiran, baris kedua merupakan isi dan bersajak  a a  adalah ….
a.       pantun biasa            b. gurindam       c. talibun           d. seloka           e. karmina
Perhatikan contoh talibun berikut !
Kalau anak pergi ke lepau
Hiu beli belanak beli
Ikan panjang beli dahulu.
Kalau anak pergi merantau
Ibu cari sanak pun cari
Induk semang cari dahulu.
  1. Talibun di atas bersajak ….
a.       a b a – a b a                        c. a b b – a b b              e. a a a – b b b
b.       a a a -  a a a                        d. a b c -  a b c
  1. Berdasarkan contoh talibun di atas , sampiran pada talibun terletak pada baris ke ….
a.        satu dan dua                      c. tiga dan empat
b.        satu, dua , dan tiga             d. tiga, empat , dan lima
  1. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan ciri – ciri talibun adalah ….
a.       setiap bait terdiri atas 2 baris,
b.       pantun ini tidak selesai dalam satu bait, minimal dua bait,
c.       terdiri atas lebih dari 4 baris dalam setiap baitnya (selalu genap)
d.       dua baris pertama merupakan sampiran, dua baris kedua merupakan isi
e.       bersajak ab – ab
  1. Dahulu parang, sekarang besi.
Dahulu sayang, sekarang benci.
Puisi  di atas termasuk jenis pantun berbentuk ….
a.    karmina        b. gurindam       c. talibun           d. seloka           e. pantun biasa
Bacalah pantun berikut !
Pohon kurma sebesar paha
Pohon kemiri tidak berduri
Mari bersama kita berusaha
Membangun seni negeri sendiri

13.   Bagian isi pada pantun di atas terletak pada baris ke ….
a.         Satu dan dua                      c. satu dan tiga                          e. tiga dan empat
b.         Dua dan tiga                       d. dua dan empat
14.   Berikut merupakan macam – macam pantun berdasarkan isi antara lain….
a.       Pantun nasihat, pantun biasa, talibun , karmina
b.       Karmina, talibun, pantun biasa, pantun berkait
c.       Pantun biasa, pantun berkait, pantun anak muda , pantun anak – anak
d.       Karmina , seloka , gurindam, talibun
e.       Pantun anak - anak , pantun anak muda , pantun orang tua, pantun nasihat
15.   Terbang rendah burung peragam
Dari huma terbang ke hutan
Budaya daerah beraneka ragam
Mari bersama kita lestarikan
Pantun di atas merupakan jenis pantun ….

a.       teka – teki               c. dagang                      e. suka cita
b.      agama                    d. nasihat


  1. Dari mana punai melayang
    Dari paya turun ke padi
    Dari mana kasih sayang
    Dari mata turun ke hati
Pantun di atas termasuk jenis ….

a.       pantun anak – anak              c. pantun adat                           e. pantun nasihat
b.       pantun orang tua                  d. pantun anak muda
  1. Mari menyanyi sambil menari
    Suara dua tinggi dan rendah

    Negeri kita semakin indah
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
a.       Pantun dikarang penghibur hati
b.       Budaya negeri tetap lestari
c.       Mari menanam mawar berduri
d.       Sungguh malang nasibku ini
e.       Pantun kukarang di malam sepi
  1. Barang siapa tinggalkan sembahyang,
    ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah ….
a.       Bagai rumah tiada bertiang
b.       Hati tenteram pikiran tenang
c.       Pasti celaka sepanjang masa
d.       Tentu dirinya akan tersesat
e.       Pikiran tenang hati gembira
  1. ….
....
Orang bijak pasti pikirkan
Hari ini dan masa depan
Kalimat yang tepat untuk melengkapi sampiran pantun di atas adalah ….
a.       Minum susu memakai rantang                                  d.  Ambil paku di Kota Raja
Tumpah di bantal di atas tilam                                       Di Kota Raja mendapat intan
b.       Anak cecak mencari makan                                      e.  Anak badak mencari makan
Bersembunyi di bawah papan                                        Anak ketam di dalam tanah
c.       Buah kelat waktu dirasa
Meludah lagi kalau tak nyaman
20.  Dunia dijangka kekal selama
Berbuat dosa sangat ternama
Mencari wang sangat utama
Tidak menurut kata ulama
….
Lanjutan yang tepat untuk syair di atas adalah ….
a.       Wang terkumpul diri pun kaya                      
Takabur dan sombong timbul sebaya
Perintah Tuhan Rabbi yang kaya
Sekali-kali tidak percaya
b.       Kaum kerabat dipandang lata
Bangsa dimiskin jangan dikata
Takdir ia datang meminta
Haram dipandang sebelah mata
c.       Adapun akan di zaman ini
Banyak kulihat tolan ikhwani
Selama hidup sebelum fani
Tidak mengingat Tuhan yang ghani
d.       Ulama disangka bicara kosong
Sebarang kata lalu disongsong
Mencari wang berpesong-pesong
Sangatlah suka berkata bohong
e.       Dengarkan tuan suatu ibarat
Keadaan alam timur dan barat
Kuasa Allah punya kudrat
Lautan boleh menjadi darat


Selamat mengerjakan !








KUNCI JAWABAN

1.       C
2.       A
3.       C
4.       D
5.       B
6.       C
7.       B
8.       E
9.       D
10.   B
11.   C
12.   A
13.   E
14.   E
15.   D
16.   D
17.   B
18.   A
19.   B
20.   D






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata Mereka tentang Aku

“Kasih sayang sebagai dasar pendidikan” itulah judul artikel yang kubaca pada mala m ini. Artikel ini ditulis  oleh Dr. Dedi Supriadi d...