A.
Topik
berita : Hilangnya rasa bangga
terhadap Bahasa Indonesia
B.
Judul
berita : RSBI, Bahasa Asing
Dibanggakan, Bahasa Indonesia Dikucilkan
C.
Deskripsi
Permasalahan
Penggunaan bahasa asing, terutama bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah berstatus RSBI dinilai
dapat mengancam rasa cinta dan bangga generasi muda terhadap bahasa Indonesia.
Padahal pemerintah punya kewajiban untuk membina dan mengembangkan bahasa
Indonesia agar dapat digunakan untuk semua ilmu pengetahuan. Sekolah tersebut
didirikan di negara Indonesia .Indonesia mempunyai bahasa sendiri sebagai
bahasa nasional yang juga sebagai bahasa pengantar di setiap jenjang
pendidikan. Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar tersebut jelas
sekali akan merusak kecintaan generasi muda terhadap bahasa Indonesia dan
mengancam keutuhan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Seharusnya
pendidikan RSBI mampu mewujudkan pendidikan yang membuat anak bangga akan
bahasa Indonesia, jangan sampai muncul pendidikan yang bisa menghancurkan jati
diri bangsa .
Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa
pengantar pendidikan di RSBI, membuat orang tua berbondong – bondong
mengupayakan agar anaknya mampu berbahasa Inggris baik melalui kursus ataupun
les privat. Selain itu, si anak juga lebih bangga menggunakan bahasa Inggris
daripada bahasa Indonesia. Hal ini terbukti , mereka lebih suka menyanyikan
lagu berlirik bahasa Inggris, bahkan tidak mengenal lagu – lagu nasional. Di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang lebih
bangga berbahasa Inggris,jelas sekali dan bisa kita pikirkan maraknya
penggunaan bahasa Inggris akan mencabik-cabik penggunaan bahasa Indonesia yang
telah utuh. Seharusnya kita harus mampu mengupayakan agar bahasa Indonesia bisa
menjadi ujung tombak pengembangan jati diri bangsa.
Pertanyaannya, mengapa pendidikan yang
seharusnya bangga terhadap sistem pendidikan dalam negeri terus-menerus terintervensi
negara asing? Bahkan akan mengancam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa
nasional dan juga bahasa pengantar di sekolah dasar, menengah, dan juga
perguruan tinggi. Ke manakah rasa bangga terhadap bahasa Indonesia? Persoalan
lainnya, penggunaan bahasa Inggris di RSBI/SBI apakah tidak mempersulit
penyampaian materi / bahan ajar? Jika mengacu pada prinsip belajar, pendidik
seharusnya menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dan sederhana agar
materi yang disampaikan lebih mudah diterima siswa.
D. Langkah
- langkah Investigasi
1. Observasi
lapangan, dilakukan untuk memperoleh gambaran data dengan mengadakan observasi
ke sekolah – sekolah favorit yang membuka program RSBI.
2. Wawancara,
dilakukan dengan pihak terkait antara lain: kepala sekolah,guru,siswa,orang
tua, masyarakat.
3. Pelacakan dokumen, dilakukan dengan mencari
dan mempelajari dokumen-dokumen yang mendukung investigasi.
4. Analisis dan verifikasi data, data –
data yang telah terkumpul kemudian dianalisis agar diketahui keabsahan data dengan
fakta yang ada.
5. Penulisan berita, berita ditulis
berdasarkan data – data yang telah dianalisis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar