RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMA Negeri I
Kediri
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : I
Tema : Kehidupan
Alokasi
waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi dalam berbagai
bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi Dasar : Menulis hasil observasi dalam
bentuk paragraf deskriptif
Indikator :
No.
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
|
Mampu mengidentifikasi ciri paragraf deskripsi
|
Rasa ingin tahu
|
|
Mampu menyusun
paragraf deskripsi
|
Kreatif
|
|
Mampu menyusun wacana deskripsi
|
Kreatif
|
|
Mampu menyunting wacana deskripsi yang ditulis
teman
|
Kreatif
|
·
Proses
Membaca contoh
paragraph deskriptif, siswa mampu menemukan ciri – ciri paaragraf deskriptif.
·
Psikomotor
Menulis wacana deskriptif
·
Afektif Perilaku
berkarakter
Membentuk perilaku siswa
bertanggung jawab dan rasa ingin tahu
Ketrampilan sosial.
Melakukan komunikasi dengan guru dan teman melalui bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan, serta menumbuhkan kreatifitas siswa.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan:
·
siswa dapat mengidentifikasi ciri paragraf deskripsi
dengan benar,
·
siswa dapat menyusun
paragraf deskripsi dengan benar,
·
siswa dapat menyusun wacana deskripsi dengan benar, dan
·
siswa dapat menyunting wacana deskripsi yang ditulis
teman dengan benar.
Proses
1.
Diberikan contoh
paragraph deskriptif, melalui kegiatan tanya jawab
siswa mampu menemukan ciri – ciri paragraph deskriptif dengan benar,
2.
Diberikan
materi deskriptif, siswa mampu menulis
pragraf deskriptif dengan benar,
Kinerja proses
Setelah mampu menulis paragraph deskriptif, siswa mampu menulis wacana deskriptif serta
menyunting wacana deskriptif yang telah dibuat.
Afektif
Perilaku karakter
Terlibat dalam KBM yang
berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan tanggung jawab, gemar membaca ,jujur,
membantu teman .
Ketrampilan Sosial
Dalam KBM, siswa mampu berkomunikasi kepada guru
dan temannya melalui bertanya dan berdiskusi , berpendapat, menjawab pertanyaan dan menulis paaragraf
deskriptif dengan benar.
Materi Pembelajaran
Deskripsi
Karangan jenis ini berisi gambaran
mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar,
atau merasakan hal tersebut.
Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri
seperti:
- menggambarkan sesuatu
- penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
- membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
- Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
- Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
- Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Langkah menyusun deskripsi:
- Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
- Tentukan tujuan
- Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
- Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
- Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Contoh Narasi / karangan
deskripsi :
Tepat pukul 06.00 aku terbangun,
diiringi dengan suara - suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil
membangunkan orang - orang yang masi tidur. serta dapat ku lihat burung -
burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.Dari timur
sang surya menyapaku dengan malu" untuk menampakkan cahayanya. Aku
berjalan kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk
berlalu lintas dari kejauhan tampak sawah" milik petani yang ditanami padi
masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai. Dari kejauhan
pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami
tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makan binatang
peliharaannya seprti kambing, sapi, dan kerbau. Didesaku rata" penduduknya
sebagai petani.
Pagi ini terlihat sangat sibuk, di
jalan" terlihat ibu-ibu yang sedang berjalan menuju psar untuk berjualan
sayur. Tetanggaku seorang peternak bebek yang juga tidak kalah sibuknya dengan
orang". Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebeknya kerawah dekat
sawah untuk mencari makan, bebek yang pintar berbaris dengan rapi
pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita
bangun tidur.
Dihalaman rumah kakekku yang menghadap
ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang berbuah sangat
lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum
berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan
yang buahnya sangat manis rasanya. sungguh pemandangan yang sangat indah yang
sangat asri dan damai ini adalah tempat tinggal kakek ku dan tempat kelahiran
ku. Desa yang bernama NAMBAHDADI ini adalah tempat yang paling aku kunjungi
saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan
yang indah nan damai.
Metode Pembelajaran
1)
Curah pendapat
2)
Diskusi
3)
Praktik
Langkah – langkah pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
Langkah
|
Terlaksana/ Tidak
|
Karakter
|
Pendahuluan 10 menit
1)
Dengan teknik curah pendapat, siswa mencoba
menjelaskan perbedaan paragraf deskripsi dengan paragraf eksposisi.
2)
Guru memberikan penguatan tehadap jawaban siswa.
3)
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
|
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
|
|
Inti 70 menit
1)
Secara kelompok, siswa membaca contoh paragraf
deskripsi.
2)
Siswa menemukan ciri paragraf deskripsi berdasarkan
contoh yang dibaca.
3)
Secara kelompok siswa beradu cepat menentukan paragraf
yang dapat dikategorikan paragraf deskripsi dari beberapa paragraf yang
disediakan guru.
4)
Secara kelompok, siswa memilih satu objek (benda),
gambar, atau suasana untuk diamati.
5)
Tiap siswa
secara kelompok mengamati ciri fisik dari sesuatu yang diamati.
6)
Secara kelompok, siswa mendeksipsikan ciri fisik yang
diamati tersebut dalam bentuk paragraf deskripsi.
7)
Tiap kelompok saling menilai paragraf deskripsi yang
dsusun kelompok lain.
|
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
|
Bersahabat dan komunikatif
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Kreatif
Bersahabat dan komunikatif
Bersahabat dan komunikatif
Bersahabat dan komunikatif
|
Penutup 10 menit
1)
Guru menutup kegiatan pada pertemuan pertama dengan
melakukan refleksi, yaitu menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan
yang dihadapi siswa.
2)
Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya,
yaitu menemukan teks yang di dalamnya memuat paragraf deskripsi secara
individual.
|
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
|
|
2.
Pertemuan ke-2
Langkah
|
Terlaksana/ Tidak
|
Karakter
|
Pendahuluan 10 menit
Guru meminta beberapa siswa melaporkan hasil kerjanya dan siswa yang
lain memberikan tanggapan.
|
Terlaksana/ Tidak
|
|
Inti 70 menit
1)
Uji kompetensi menulis paragraf deskripsi.
2)
Tiap siswa saling menilai hasil kerja temannya.
|
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
|
Kreatif
Bersahabat dan komunikatif
|
Penutup 10 menit
Reviu
tentang hasil uji kompetensi dan refleksi dengan jurnal tertulis, menanyakan
apa yang telah dikuasai dan belum dikuasai terkait dengan kompetensi menulis
paragraf deskripsi serta kesan-kesan
selama pembelajaran berlangsung
|
Terlaksana/ Tidak
|
|
Alat/Bahan/Sumber:
a. Contoh paragraf deskripsi
b. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia
(Priyatni dkk.) hlm. 42 – 48
c.
Eksposisi dan Deskriptif oleh
Gorys Keraf
d.
LCD dan Laptop
Penilaian
1.
Teknik : · Tes
untuk penilaian hasil
· Nontes
untuk penilaian proses
2.
Bentuk : · Performansi/Praktik
untuk penilaian hasil
· Observasi
untuk penilaian proses
3.
Alat Penilaian :
Tulislah masing-masing 2 paragraf
deskripsi berdasarkan gambar berikut!
Rubrik Penilaian
Rubrik
Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan jenis wacana
|
Apakah berupa wacana deskripsi, yaitu wacana yang bertujuan
mendeskripsikan sesuatu seolah pembaca melihat/meraba/merasakan?
|
|
|
2.
|
Organisasi Wacana
|
Apakah wacana disusun dengan urutan lokal yang mudah
dipahami?
|
|
|
3.
|
Keterpaduan wacana
|
Apakah antara paragraf satu dengan paragraf berikutnya
berkaitan ditandai oleh keterkaitan isi?
|
|
|
4.
|
Kesalahan struktur kalimat
|
Apakah tidak ada kesalahan struktur kalimat?
|
|
|
5
|
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
|
Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan
tanda baca?
|
|
|
Penilaian Proses
Alat Penilaian
Amatilah
proses kinerja siswa selama proses
pembelajaran berlangsung dengan menggunakan format berikut!
No.
|
Nama Siswa
|
Kesediaan
mengerjakan tugas
|
Kesedian bekerja
sama
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
+ : Bersedia
mengerjakan tugas, bekerja sama, dan aktif mengikuti seluruh
proses pembelajaran.
- : Tidak
bersedia mengerjakan tugas, tidak mau bekerja sama, dan tidak
aktif mengikuti seluruh
proses pembelajaran.
Mengetahui Kediri,
28 Oktober 2011
Guru
Pembimbing ( Pamong ) Mahasiswa
PPL
Drs.
ALI HASAN DEWI UKHWATUL KHASANAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar