RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMA Negeri I
Kediri
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : I
Tema : Kehidupan
Alokasi
waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi dalam berbagai
bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi Dasar : Menulis hasil observasi dalam
bentuk paragraf deskriptif
Indikator :
|
No.
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
|
|
Mampu mengidentifikasi ciri paragraf deskripsi
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
Mampu menyusun
paragraf deskripsi
|
Kreatif
|
|
|
Mampu menyusun wacana deskripsi
|
Kreatif
|
|
|
Mampu menyunting wacana deskripsi yang ditulis
teman
|
Kreatif
|
·
Proses
Membaca contoh
paragraph deskriptif, siswa mampu menemukan ciri – ciri paaragraf deskriptif.
·
Psikomotor
Menulis wacana deskriptif
·
Afektif Perilaku
berkarakter
Membentuk perilaku siswa
bertanggung jawab dan rasa ingin tahu
Ketrampilan sosial.
Melakukan komunikasi dengan guru dan teman melalui bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan, serta menumbuhkan kreatifitas siswa.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan:
·
siswa dapat mengidentifikasi ciri paragraf deskripsi
dengan benar,
·
siswa dapat menyusun
paragraf deskripsi dengan benar,
·
siswa dapat menyusun wacana deskripsi dengan benar, dan
·
siswa dapat menyunting wacana deskripsi yang ditulis
teman dengan benar.
Proses
1.
Diberikan contoh
paragraph deskriptif, melalui kegiatan tanya jawab
siswa mampu menemukan ciri – ciri paragraph deskriptif dengan benar,
2.
Diberikan
materi deskriptif, siswa mampu menulis
pragraf deskriptif dengan benar,
Kinerja proses
Setelah mampu menulis paragraph deskriptif, siswa mampu menulis wacana deskriptif serta
menyunting wacana deskriptif yang telah dibuat.
Afektif
Perilaku karakter
Terlibat dalam KBM yang
berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan tanggung jawab, gemar membaca ,jujur,
membantu teman .
Ketrampilan Sosial
Dalam KBM, siswa mampu berkomunikasi kepada guru
dan temannya melalui bertanya dan berdiskusi , berpendapat, menjawab pertanyaan dan menulis paaragraf
deskriptif dengan benar.
Materi Pembelajaran
Deskripsi
Karangan jenis ini berisi gambaran
mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar,
atau merasakan hal tersebut.
Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri
seperti:
- menggambarkan sesuatu
- penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
- membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
- Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
- Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
- Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Langkah menyusun deskripsi:
- Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
- Tentukan tujuan
- Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
- Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
- Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Contoh Narasi / karangan
deskripsi :
Tepat pukul 06.00 aku terbangun,
diiringi dengan suara - suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil
membangunkan orang - orang yang masi tidur. serta dapat ku lihat burung -
burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.Dari timur
sang surya menyapaku dengan malu" untuk menampakkan cahayanya. Aku
berjalan kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk
berlalu lintas dari kejauhan tampak sawah" milik petani yang ditanami padi
masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai. Dari kejauhan
pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami
tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makan binatang
peliharaannya seprti kambing, sapi, dan kerbau. Didesaku rata" penduduknya
sebagai petani.
Pagi ini terlihat sangat sibuk, di
jalan" terlihat ibu-ibu yang sedang berjalan menuju psar untuk berjualan
sayur. Tetanggaku seorang peternak bebek yang juga tidak kalah sibuknya dengan
orang". Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebeknya kerawah dekat
sawah untuk mencari makan, bebek yang pintar berbaris dengan rapi
pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita
bangun tidur.
Dihalaman rumah kakekku yang menghadap
ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang berbuah sangat
lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum
berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan
yang buahnya sangat manis rasanya. sungguh pemandangan yang sangat indah yang
sangat asri dan damai ini adalah tempat tinggal kakek ku dan tempat kelahiran
ku. Desa yang bernama NAMBAHDADI ini adalah tempat yang paling aku kunjungi
saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan
yang indah nan damai.